BAB 18
TIM DAN KERJA SAMA
KELOMPOK
1. Apa saja tipe tim utama yang dijumpai dalam organisasi?
1. Tim Formal dan Informal
2. Tim Berprestasi Tinggi atau Tim
Super
3. Tim yang Mengelola Sendiri
4. Tim yang Mengelola Sendiri di XEL COMUNICATIONS
2. Apa yang disebut tim super?
Adalah suatu kelompok yang terdiri dari 3 sampai 30 orang pekerja yang
diambil dari berbagai bidang sebuah korporasi yang bekerja sama untuk
memecahkan masalah yang sehari hari dihadapi oleh pekerja.
3. Apa yang disebut tim yang mengelola sendiri?
Adalah tim yang mengelola diri
sendiri atau kelompok kerja yang mengelola sendiri.
4. Apa yang dimiliki oleh semua kelompok?
-Pemimpin
-Anggota
-Tujuan
5. Bagaimana cara meningkatkan kekompakan tim?
1. Memperkenalkan Persaingan. Adanya
konflik dengan individu luar atau kelompok lain akan meningkatkan kekompakan
kelompok.
2. Meningkatkan Ketertarikan Antar
Pribadi. Seseorang kemungkinan besar akan bargabung dengan sebuah Tim dimana
dalam anggota tim tersebut ada anggota yang ia kenal atau ia kagumi.
3. Meningkatkan Interaksi. Meningkatnya
interaksi dapat memperbaiki persahabatan dan komunikasi dalam tim.
4. Menciptakan Tujuan Bersama Dan Rasa
Senasib. Adanya seperangkat tujuan yang jelas untuk dicapai bersama dan adanya
rasa senasib membuat sebuah tim menjadi sangat dekat dan merasa saling
diperhatikan.
6. Bagaimana cara membuat tim lebih efektif?
Dalam sebuah tim manajer harus
menentukan peran, membangun norma, dan menentukan tujuan dari tim agar bisa
berfungsi dengan efektif. Tim yang efektif dibangun oleh manajer yang melakukan
tindakan tertentu untuk membantu
orang-orang berkumpul dan bekerja dengan baik.
7. Bagaimana manajer dapat menangani konflik didalam tim?
Seorang manajer sebaiknya menangani
konflik dengan membawa konflik secara terbuka agar dapat diselesaikan dengan
baik.
BAB 19
KOMUNIKASI DAN
NEGOSIASI
1. Mengapa komunikasi efektif itu penting bagi manajer?
Komunikasi yang efektif penting bagi
manajer karna tiga alasan ut ama:
-Pertama komunikasi menyediakan
saluran umum untuk proses manajer. Yaitu merencanakan, mengorganisasikan,
memimpin, dan mengendalikan.
-Kedua keterampilan komunikasi yang
efektif dapat membuat manajer menggunakan berbagai bakat yang tersedia dalam
dunia multi budaya dari organisasi.
-Ketiga ternyata manajer menghabiskan
banyak waktunya untuk berkomunikasi.
2. Buat daftar dan hubungkan elemen-elemen utama dalam model komunikasi
yang diperluas.
Mengirimkan
Menerima
Pesan
Pesan
Menerima
Mengirimkan
|
3. Apa saja beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan dalam memilih
saluran yang tepat untuk pesan seseorang?
Sebaiknya memilih saluran yang sesuai
dengan pesan.
Pada dasar nya, berkomunikasi
langsung dengan tatap muka akan menjadi saluran komunikasi yang efektif. Dengan
bertatap muka kita bisa memperlihatkan rasa emosi, pemahaman, atau sikap
terbuka dan mau mendengar. Hal itu juga dapat mencegah beredarnya rumor.
4. Apa yang disebut “gangguan” dalam system komunikasi?
Gangguan adalah factor apapun yang mengganggu, membingungkan, atau
mencampuri komunikasi. Gangguan dapat timbul dalam saluran komunikasi, atau
metode pengiriman (seperti udara untuk pembicaraan lisan atau kertas untuk
surat).
5. Uraikan hambatan umum bagi komunikasi antar pribadi yang efektif.
Bagaimana hambatan ini dapat diatasi?
Hambatan Umum:
1. Persepsi Selektif. Suatu proses yang
menyeluruh dengan mana seseorang menseleksi, mengorganisasi, dan mengertikan
segala sesuatu dilingkungan nya.
2. Status Komunikator. Adalah
kecendrungan untuk menilai, mempertimbangkan dan membentuk pendapat atas dasar
karakteristik pengirim (sumber).
3. Keadaan Membela Diri. Perasaan
membela diri pada pengirim, penerima berita atau keduanya dapat menimbulkan
hambatan dalam komunikasi.
4. Pendengaran Lemah. Hanya mendengarkan
saja tetapi tidak ada pemahaman bahkan tidak ada ketertarikan terhadap bahan
pembicaraan.
5. Ketidaktepatan Penggunaan Bahasa.
Penggunaan bahasa yang tidak tepat dapat menimbulkan pemahaman yang berbeda
dari pendengar dan pembicara.
Cara Mengatasi:
Pelajaran bagi manajer untuk memahami
sebanyak mungkin tentang kerangka kesukaan, kebutuhan, motif, tujuan, dan
tingkat bahasan dari penerima, agar dapat mengkomunikasikan pengertian secara
efektif.
6. Apa empat factor yang mempengaruhi keefektifan komunikasi organisasi? Bagaimana
cara mengarahkan pengaruh ini?
1. SALURAN KOMUNIKASI FORMAL
2. STRUKTUR WEWENANG
3. SPESIALISASI PEKERJAAN
4. KEPEMILIKAN INFORMASI
7. Apa fungsi komunikasi vertical? Bagaimana komunikasi vertical yang akurat
dan lengkap dapat terganggu?
Komunikasi vertical terdiri dari
komunikasi keatas dan kebawah lewat rantai komando organisasi.
-Fungsi utama komunikasi keatas
adalah memberikan informasi kepada tingkat yang lebih atas mengenai apa yang
terjadi ditingkat yang lebih rendah.
-Fungsi utama komunikasi kebawah
adalah memberikan saran, memberi tahu, mengarahkan, memberikan instruksi dan
mengevaluasi karyawan serta menyediakan informasi mengenai sasaran dan
kebijakan perusahaan kepada anggota organisasi.
Masalah dalam komunikasi vertical
-Komunikasi kebawah biasanya
disaring, dimodifikasi, atau dihentikan disetiap tingkat ketika manajer
memutuskan apa yang seharusnya diteruskan kepada karyawan mereka.
-Komunikasi keatas biasanya disaring,
dipadatkan, atau diubah oleh manajer menengah yang melihatnya sebagai bagian
dari pekerjaan mereka untuk melindungi manajer tingkat atas dari data tidak
penting yang berasal dari tingkat bawah.
8. Apa fungsi desas-desus? Mengapa manajer kadang-kadang menggunakan
desas-desus? Rantai mana yang paling baik digunakan dalam organisasi?
-Desas desus mempunyai beberapa fungsi yang berkaitan pekerjaan. Misalnya
walaupun desas desus itu sulit dikendalikan, seringkali berjalan jauh lebih
cepat daripada saluran komunikasi formal.
-Manajer dapat menggunakan nya untuk mendiskusikan informasi lewat
“bocoran” yang direncanakan atau dengan bijaksana menambahkan keterangan “ini
hanya antara kita berdua saja”.
-Rantai yang paling baik digunakan dalam Organisasi adalah rantai
kelompok yaitu dimana si A menyampaikan informasi kepada beberapa orang
tertentu, beberapa diataranya kemudian memberitahu beberapa orang tertentu yang
lain.
9. Bagaimana hambatan bagi komunikasi organisasi dapat diatasi?
Seorang manajer memberikan wewenang
untuk membuat keputusan agar mencapai suatu tujuan dengan efektif
10. Apa saja elemen kunci dalam
situasi negosiasi? Bagaimana negosiasi dapat digunakan untuk mengatasi konflik?
Elemen utama dari negosiasi adalah
pengirim, penyandian, pesan, saluran, penerima, pengartian, dan gangguan.
Dengan negosiasi proses komunikasi akan
menjadi semakin jelas sehingga bisa menyelesaikan kejanggalan atau masalah yang
ada.
11. Mengapa negosiator mempunyai
alasan yang baik untuk menahan dan berbagi informasi dalam proses tawar
menawar?
Agar proses tawar-menawar dapat
bertahan lama, proses tawar-menawar yang bertahan lama merupakan hasil yang
stabil dalam tawar-menawar. Stabilitas merupakan salah satu sifat yang penting
dalam tawar menawar (negosiasi).
12. Situasi kontemporer apa yang
tampaknya menjadi contoh hasil negosiasi yang stabil dan hasil negosiasi yang
tidak stabil? Apa yang membuat situasi ini stabil atau tidak stabil?
Contoh negosisasi:
Stabil: hasil negosiasi terasa
memuaskan kedua belah pihak.
Tidak Stabil: salah satu pihak atau
keduanya merasa menyesal dengan hasil negosiasi.
Situasi yang menyebabkan negosiasi
menjadi stabil adalah jika hasil negosiasi dapat bertahan lama dan situasi yang
menyebabkan negosiasi tidak stabil, bila salah satu pihak atau keduanya merasa
menyesal karna telah menyetujui negosiasi sehingga membuat mereka ingin
melakukan negosiasi ulang dan tidak jarang ini dilakukan dengan cara yang
bermusuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar